KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS


ABSTRAK

Ibu rumah tangga adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang wanita yang telah menikah serta menjalankan pekerjaan rumah keluarga-merawat anak-anakny a, memasak, membersihkan, dll-dan yang tidak bekerja di luar rumah. seorang ibu rumah tangga sebagai wanita menikah yang bertanggung jawab atas rumah tangganya.

Kodrat sebagai perempuan untuk mengurus anak dan rumah tangga sudah tidak bisa dirubah. Hal ini juga yang sering membuat terhambatnya karir seorang wanita.Sebagai seorang Ibu tentunya ingin memiliki waktu yang lebih untuk anak-anak. Selain itu juga bisa mengurus suami dan rumah tangga dengan baik..

Banyak perempuan yang tinggal di kota besar menunjukkan eksistensi dirinya melalui karir profesional. Pendapatan pribadi yang diterima setiap bulan merupakan bentuk kebanggaan sekaligus identitas sebagai individu yang mandiri. Namun hal ini sering berbenturan dengan peran lain ketika perempuan terikat dalam institusi pernikahan. Kewajiban pun berlipat ganda. Terlebih jika sudah memiliki keturunan. Alhasil, kaum hawa harus dihadapkan dengan dua pilihan yakni, memilih untuk tetap bekerja sambil mengurus rumah tangga, atau menetap di rumah saja? Namun, sebagai pendamping kepala rumah tangga, wanita juga harus mandiri dan siap membantu keuangan rumah tangga.

ISI
Setelah menikah, banyak perempuan yang tetap melanjutkan kariernya sebagai pekerja. Namun tak sedikit pula yang memilih menjadi seorang ibu rumah tangga. Terlepas dari pro kontra minat seorang perempuan yang sudah menikah, seorang ibu rumah tangga memiliki keuntungan sebagai berikut:
1.       Punya banyak waktu
Seorang ibu rumah tangga memiliki lebih banyak waktu dari seorang perempuan yang bekerja setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Ia tentunya tak harus tergesa-gesa menghabiskan waktunya.
Ibu rumah tangga memiliki banyak waktu bersantai atau mengerjakan apapun di sekitar rumah sehingga tak perlu khawatir dimarahi bos.

2.       Rasa lelah berkurang
Saat rasa lelah datang, seorang ibu rumah tangga hanya perlu meletakkan kakinya dan tidur-tiduran di kasur. Tapi itu tak bisa dilakukan seorang perempuan pekerja. 
Perempuan karier harus berpikir untuk mengatakan pada bosnya bahwa ia memerlukan istirahat. Tentunya, ia mendapat konsekuensinya. 

3.       Sambil bekerja
Ada kalanya ibu rumah tangga merasa perlu membantu perekonomian keluarga atau setidaknya untuk dirinya sendiri. Ia bisa memulai bisnis atau usaha di rumah.
Dengan cara itu, ia tak perlu terjebak dengan kesibukan lingkungan kerja. Ia juga masih tetap bisa memperhatikan keluarga.
4. Lebih bebas
Ibu rumah tangga adalah 'bos' di rumah. Rumah adalah kantornya. Ia juga bisa mempekerjakan orang-orang sebagai tukang kebun, tukang masak, pelayan rumah, atau pengasuh anak.
Ia pun dapat bersantai ria sambil berbincang-bincang dengan temannya, menonton TV, atau sekedar jalan-jalan.

5. Mempelajari keterampilan baru
Seorang perempuan pekerja lebih sulit mempelajari keterampilan baru ketimbang ibu rumah tangga. Sebab, waktu ibu rumah tangga lebih banyak untuk menekuni sebuah keahlian baru dan menggeluti hobinya.
6. Memantau perkembangan anak
Rasa dosa terbesar seorang ibu yang bekerja di kantor adalah memiliki sedikit waktu untuk memantau perkembangan anaknya. Ia harus bisa mengatur waktu antara pekerjaan dengan kebutuhan anak-anaknya.
Sementara ibu rumah tangga selalu siap berada di samping anak-anaknya. Sehingga ia bisa melihat anaknya mulai berbicara, berjalan, dan melakukan banyak hal.
Peluang bisnis usaha sebenarnya sangat banyak dan dapat dilakukan oleh siapa saja khususnya ibu rumah tangga. Perempuan terkadang harus mengalah untuk mengorbankan karir demi mengurus keluarga. Namun jika seorang ibu rumah tangga, bukan berarti tidak bisa bekerja. Memang kesempatan untuk mengejar karir sedikit tertutup ketika menjadi ibu rumah tangga, terlebih jika sudah memiliki buah hati. Akan tetapi peluang bisnis usaha masih banyak terbuka, jika mau sedikit berusaha. 

Berikut ini ada beberapa peluang usaha yang cocok untuk ibu-ibu rumah tangga:

Membuat souvenir pernikahan: Pekerjaan ini adalah menyenangkan dan tidak membosankan. Membuat souvenir pernikahan, dibutuhkan sedikit skill dan effort. Anda juga masih bisa mengatur waktu untuk mengurus anak dan rumah tangga. Yang perlu Anda lakukan hanya mencari ide membuat beberapa souvenir yang harganya terjangkau dan unik, buat iklan di social media atau blog untuk membantu memasarkan souvenir buatan Anda.
Membuat parcel ultah anak: Memiliki anak, berarti memiliki channel yang cukup luas untuk menjalankan bisnis kecil Anda ini. Susun beberapa paket parcel untuk anak, buat daftar harga mulai dari yang murah hingga mahal. Sematkan beberapa foto contoh juga untuk menarik minat para ibu-ibu, kemudian tawarkan melalui channel ibu-ibu yang Anda punya.
Katering anak: Bisnis ini memang memiliki tingkat kesulitannya sedang, namun membutuhkan effort yang cukup banyak dari sisi tenaga dan kreativitas. Membujuk anak untuk doyan makan bukanlah perkara mudah. Anda harus cermat memperhatikan asupan gizi serta tampilan sajian makanan agar anak tertarik menyantapnya. Tetapi, jika dijalankan, bisnis ini menjadi bisnis yang asyik dan menguntungkan.
Kursus anak: Jika Anda memiliki talenta lebih untuk mengajar, tak ada salahnya Anda membagikan ilmu yang Anda punya dengan membuka kursus kecil-kecilan. Tak harus yang berhubungan dengan pelajaran sekolah, buat saja kursus menyenangkan seperti melukis, kursus kepribadian, dan lain sebagainya yang tidak selalu didapat di sekolah. 
Toko Kelontong: Jika anda memiliki area perumahan yang strategis. Memungkinkan banyak orang untuk berlalu lalang di depan rumah anda. Ide untuk membuka toko kelontong adalah cukup menggiurkan. Modal yang dikeluarkan tidak perlu besar-besar, mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Contohnya dengan menjual kebutuhan sehari-hari yang biasa dipakai oleh banyak orang seperti,  sabun, samphoo, indomie, minyak, dll. Yang terpenting adalah usahakan pengelolaan pembukuannya jelas, antara pendapatan, untung, dan modal harus benar-benar dipisahkan.

Membuka Butik Muslimah:  Saat ini berbusana muslimah bukan saja menjadi keharusan, namun sudah merambah kepada trend. Banyak sekali pakaian-pakaian muslimah yang cantik-cantik dan menarik. Tidak ada salahnya anda juga mencoba bisnis ini. Anda bisa bertindak sebagai agen busana muslimah melalui kerja sama dengan  beberapa perusahaan konveksi. Bisa dengan sistem online ataupun offline. Hal yang perlu diperhatikan dalam usaha ini adalah; kualitas pakaian, harga terjangkau, dan model yang menarik akan berpengaruh kepada pelanggan anda.

KESIMPULAN
Kerja dari rumah merupakan idaman bagi setiap orang terutama bagi ibu rumah tangga kerena mereka tidak perlu meninggalkan rumah mereka sewaktu mereka mencari uang. Kebanyakan ibu rumah tangga hanya mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan selebihnya mereka akan istirahat saja jika pekerjaan yang mereka harus kerjakan telah selesai. 
Sebenarnya para ibu-ibu rumah tangga dapat mencari kesibukan lainnya seperti mencari uang dan mereka pun tidak perlu untuk meninggalkan rumah tercinta mereka. Pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah pun dapat dalam berbagai macam bentuk seperti usaha pernak pernik kecil yang dapat dijual melalui media online. Selain dari pada itu, banyaknya barang atau benda yang dapat dijadikan media untuk mencari uang tersedia dimasyarakat dan dapat didapatkan dengan mudah seperti plastik dan bungkus makanan.
Kini, seorang ibu rumah tangga tidaklah harus duduk diam di rumah namun mereka dapat mencari tambahan penghasilan yang dapat mereka gunakan untuk kebutuhan tambahan tanpa harus meminta dari suami mereka. Mereka pun tidak harus keluar dari rumah sewaktu mengerjakan pekerjaan, karena kerja dari rumah saja bisa dilakukan.  Kini, bukan saatnya selalu bergantung terhadap pendapat sang suami atau orangtua karena para ibu-ibu muda atau masyarakat lainnya yang tidak dapat meninggalakan rumah, mereka tetap dapat menghasilkan uang dari rumah dan caranya pun juga sangat mudah.
Jika sesuatu dapat dikerjakan dengan sangat mudah dan setiap orang dapat melakukannya seperti kerja dari rumah. Bisa dikatakan sebagai cara untuk memperbaiki keuangan merupakan hal yang sangat bagus untuk dikerjakan.  Selain untuk perbaikan keuangan dapat juga dikerjakan sebagai peluang bisnis baru yang dapat digunakan sebagai jaminan hidup di masa depan dan tentunya akan membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat yang lainnya. 

0 komentar:

Posting Komentar