KECAMATAN BUMIJAWA


                                                                    
Kecamatan Bumijawa adalah salah satu kecamatan yang paling selatan di Kabupaten Tegal. Kecamatan Bumijawa berada di punggung Gunung Slamet di Kabupaten Tegal sehingga jarak desa dibatasi bukit-bukit dan dataran tinggi. Hal ini menjadikan transportasi antar desa dilalui dengan angkutan pedesaan dengan jarak 3 sampai 4 kilometer.

A.     Keadaan Geografis

Kecamatan Bumijawa adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal. Kecamatan Bumijawa terdiri dari 18 desa, yakni Bumijawa, Sumbaga, Muncanglarang, Batumirah, Sigedong, Cintamanik, Jejeg, Gunung Agung, Cawitali, Pagerkasih, Sokasari, Traju, Carul, Begawat, Guci, Sokatengah, Dukuhbenda, Cempaka. Batas-batas wilayah Kecamatan Kecamatan Bumijawa adalah sebagai berikut :

·         Sebelah Barat                   :   Kabupaten Brebes
·         Sebelah Selatan               :   Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes
·         Sebelah Utara                  :   Kecamatan Margasari dan Balapulang
·         Sebelah Timur                  :   Kecamatan Bojong
Kecamatan Bumijawa merupakan kecamatan yang berada di daerah pegunungan sehingga jarak desa dibatasi dengan bukit-bukit dan dataran tinggi 682 m dari permukaan laut. Hal ini menjadikan transportasi antar desa dilalui dengan angkutan pedesaan dengan jarak 3 sampai 4 kilometer.
Luas wilayah Kecamatan Bumijawa adalah 5.825,,239 Ha yang terdiri dari perincian tanah sawah 2.243,827 Ha, tanah pemukiman 3.4444,979 Ha, dan tanah lainnya seluas 163,239 Ha.
Secara geografis, kondisi wilayah kecamatan Bumijawa adalah dataran tinggi yang tingginya di atas 800 meter dpl dari permukaan air laut yang terdiri dari sungai, dataran untuk pemukiman dan tanah pertanian (sawah/ladang) serta gunung.
Wilayah Kecamatan Bumijawa dilintasi oleh jalur transportasi angkutan pedesaan. Hal tersebut juga mendorong pertumbuhan perekonomian dan kemajuan desa-desa di wilayah Kecamatan Bumijawa yang semakin meningkat terutama sektor pertanian. 
B.      Keadaan Demografi

1.       Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk di Kecamatan Bumijawa pada tahun 2010 berjumlah 67794 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 33619 jiwa dan perempuan sebanyak 341755 jiwa. Adapun desa dengan jumlah penduduk terbanyak adalah desa xx dengan jumlah 8.074 jiwa, sedang desa dengan jumlah terkecil adalah penduduk desa xx dengan jumlah penduduk 1.254 jiwa. Kesimpulan yang dapat diambil dari pernyataan diatas adalah bahwa Kecamatan Bumijawa memiliki jumlah penduduk cukup banyak.
2.       Komposisi Penduduk Menurut Agama
Komposisi penduduk menurut agama yang dianut masyarakat di Kecamatan Bumijawa hampir seluruhnya menganut agama yang juga dianut oleh sebagian besar penduduk Indonesia yaitu agama Islam. Namun selain beragama islam ada juga penduduk di Kecamatan Bumijawa menganut agama Katolik sejumlah xx.
3.      Komposisi Penduduk Menurut Mata Pencaharian
Kecamatan Bumijawa berada di pegunungan sehingga mata pencaharian masyarakatnya yaitu petani karena kecamatan ini banyak menghasilkan sayur-sayuran dan buah-buahan, selain itu juga kaya akan hasil alam seperti teh, kayu,dan karet. Selain petani ada juga pegawai negeri yang kebanyakan guru di sekolah-sekolah, dan home industry (industry rumah tangga) yang meliputi industry tempe, tahu dan lain sebagainya.
Di Kecamatan Bumijawa terdapat sebuah mata air yang bernama Bulakan yang airnya digunakan untuk keperluan PDAM Kabupaten Tegal. Oleh karena itu di Kecamatan Bumijawa terdapat  pabrik air minum “ADI”.

C.      Keadaan Sosial Budaya

1.       Fasilitas Pendidikan
Menurut Kecamatan Bumijawa Dalam Angka 2010, terdapat lembaga-lembaga pendidikan formal di Kecamatan Bumijawa mulai Taman kanak-kanak (TK) sampai Perguruan Tinggi. Fasilitas pendidikan yang paling banyak di Kecamatan Bumijawa adalah fasilitas SD Negeri sebanyak xx buah, untuk jenjang TK sebanyak xx, SMP sebanyak xx, SMK  sebanyak xx, dan Perguruan Tinggi sebanyak xx. Berdasarkan pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa di kecamatan Bumijawa sudah banyak fasilitas bagi pendidikan.

2.       Fasilitas Peribadatan
Fasilitas peribadatan merupakan  fasilitas yang penting bagi masyarakat. Fasilitas peribadatan merupakan sarana masyarakat dalam menyembah Tuhan sesuai dengan cara yang diyakini dan dipercayainya. Di kecamatan Bumijawa banyak terdapat fasilitas ibadah umat Islam sebagai agama dengan penganut terbesar di kecamatan Bumijawa.
Di kecamatan Bumijawa diketahui bahwa jumlah masjid xx masjid, dan surau/langgar ada xx surau. Dapat disimpulkan bahwa fasilitas peribadatan kaum muslimin di Kecamatan Bumijawa sudah cukup banyak, sedangkan untuk umat  beragama yang lain atau non muslim tidak ada.

3.       Fasilitas Kesehatan
       Fasilitas kesehatan sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan di kecamatan Bumijawa. Diketahui bahwa fasilitas kesehatan yang banyak terdapat di kecamatan Bumijawa adalah puskesmas pembantu dengan jumlah x buah. Dengan banyaknya puskemas pembantu ini diharapkan kebutuhan masyarakat di Kecamatan Bumijawa akan kesehatan dapat terpenuhi dengan baik serta dapat mengenai masalah kesehatan dengan segera. Sedangkan untuk fasilitas dengan jumlah sedikit adalah puskesmas dan puskesmas rawat inap yaitu sebanyak 1 buah.

4.       Fasilitas Olahraga
 Fasilitas lain yang berhubungan dengan kegiatan sosial budaya masyarakat adalah fasilitas olahraga. Fasilitas olahraga terbanyak adalah fasilitas olahraga bulu tangkis sebanyak xx buah, fasilitas Bola voli sebanyak xx buah dan sepak bola sebanyak xx buah.

5.       Keadaan Sosial dan Budaya Masyarakat
Budaya masyarakat desa merupakan budaya yang tumbuh dari masyarakat setempat sebagai desa tradisional. Adat istiadat di Kecamatan Bumijawa pada dasarnya seragam antar desa yang satu dan desa yang lain. Masyarakat di kecamatan Bumijawa memegang adat Jawa dengan logat bahasa sehari-hari bahasa Tegalan ngoko dan Kromo Andahan.
Bahasa sehari-hari berkaitan dengan kesenian Tegalan seperti Topeng Endel yang kental dengan masyarakat Tegal. Adat Tegal khususnya di kecamatan Bumijawa yang mengakar dapat dilihat dari tradisi kemanten (pernikahan), khitanan dan hajatan. Dalam adat Tegal yang ditradisikan masyarakat di Kecamatan Bumijawa sebagaimana umumnya masyarakat Jawa tengah yaitu dalam hal upacara selamatan ketika akan mengadakan hajatan, acara selamatan berkaitan dengan lingkaran hidup manusia seperti selamatan kelahiran, member nama, pernikahan, kematian.
Masyarakat di Kecamatan Bumijawa, terdiri dari golongan santri yaitu golongan Islam yang menjalankan ibadah dengan sesuai ajaran Islam yang taat. Adapun kekerabatan mas yarakat kecamatan Bojong adalah berdasarkan jalur laki-laki dan perempuan. Dalam kekerabatan Jawa Tengah mengenal 7 keturunan anak, putu, buyut, canggah, wareng, udeg-udeg, dan gantungsiwur. Tujuh jalur ke atas tersebut, kekerabatan mengenal kelompok keluarga yang disebut Broyot atau Brayah.
Kesenian di Kecamatan Bumijawa meliputi seni Tradisional seperti Tari Topeng, gamelan/karawitan, terbang jawa dan seni kosidahan. Selain itu  peringatan-peringatan hari besar islam yang biasanya diadakan arak-arakan seperti pada hari maulud nabi Muhammad yang ditandai dengan sunatan masal, kemudian pencucian “bendhe” yaitu gong yang dipercaya suci dan keramat dan malamnya diadakan karnaval dengan membuat boneka-boneka yang terbuat dari bambu seperti  ondel-ondel dan dimeriahkan dengan samrohan, kenceran, Rebana. Setiap desa berpartisipasi dalam karnaval tersebut.

6.       Keadaan Ekonomi
Aktifitas ekonomi yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan Bumijawa menyangkut pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder masyarakat. Fasilitas perekonomian yang terdapat di wilayah Kecamatan Bumijawa antara lain berupa pasar, KUD, dan koperasi non KUD.
Dapat diketahui bahwa jumlah fasilitas ekonomi di Kecamatan Bumijawa berjumlah x unit. Fasilitas paling banyak adalah pasar umum sebanyak x unit sedangkan untuk KUD sebanyak x unit, dan koperasi non KUD sebanyak x unit.

D.      Obyek wisata
Kecamatan Bumijawa memiliki beberapa objek wisata diantaranya Guci  yang sudah terkenal di Kabupaten Tegal .
1.       Wisata Guci
Wisata guci merupakan wisata yang berupa pemandian air panas, wisata air terjun,  dan taman rekreasi di kaki Gunung Slamet, ±27 km kearah selatan Slawi. Terdapat pula kebun-kebun Strawberry yang dapat dipetik sendiri juga penginapan-penginapan.
2.       Sulaku
Selain Guci wisata yang ada di Bumijawa yaitu Sulaku Bumijawa yang berlokasi di Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa. Obyek wisata bernuansa alam dengan udara yang sejuk, memiliki fasilitas agrowisata ( Kebun Strawberry, Jambu, tanaman hias  dll), Waterboom, Flying Fox sepanjang 150 meter dan 60 meter, disertai  Kedai Jamu lengkap dengan taman Toganya, Pemandian uap, Warung makan yang asri, cocok untuk aktifitas Out Bound dari mulai kelompok TK, SD, SMP dll.
3.       Curug Putri
Selain Sulaku ada juga ada curug yang terkenal di Bumijawa yakni  Curug Putri, curug ini merupakan aliran dari Sungai Kalipedes yang berhulu di Gunung Slamet. Curug ini memiliki ketinggian ±25 meter memisahkan Desa Dukuhbenda dengan Desa Padanama Kecamatan Sirampog yang termasuk kewilayah Kabupaten Brebes.


E.      Tempat Bersejarah
Kecamatan Bumijawa memiliki tempat bersejarah, yaitu Makam Sunan Mayakerti. 
F.       Makanan Khas

Kecamatan Bumijawa sangat kaya akan wisata kuliner, banyak makanan Khas Bumijawa yang terkenal, seperti  tahu jejeg, jintul, wajik, dages,  cangkang telur, kripik bayam, sate kambing dan masih banyak lagi. Namun yang paling khas adalah tahu jejeg, karena rasanya yang lebih asin dari tahu pada umumnya.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

asalamualaikum wrwb.salam satu bloger.niki mba fany kulo lare traju.bloge aku arane.desatrajukalitrajubumijawategal.blogspot.com.email.corlphot@gmail.com.salam sedulran.

Posting Komentar