Makalah Bahasa indonesia kelas xi


MAKALAH
MENDADAK POPULER LEWAT JEJARING SOSIAL


I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Jejaring social merupakan struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukkan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini dikenalkan oleh Prof.J.A Barner di tahuh 1954.
Salah satu jejaring yang sedang marak saat ini adalah facebook dan youtube. Facebook adalah situs sosial networking yang menghubungkan orang satu dengan orang yang lain. Dapat saling berkirim pesan, video,gambar hingga mengetahui aktifitas orang lain. Sedangkan  youtube merupakan situs web video sharing (berbagi video). Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video tersebut adalah klip musik, serta video buatan para penggunanya sendiri.
Dari jejaring sosial tersebut banyak orang yang saling manggunakan bahkan memanfaatkannya untuk kehidupan. Sebut saja Justin Bieber, Shinta-Jojo Keong racun, Udin Sedunia, Gamaliel-Audrey Tapiheru, Bripto Norman, dan Bona Paputungan.  Mereka semua mendadak populer berkat situs jejaring sosial.

B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas dapat diambil permasalahan :
1.      Apakah tujuan mereka mengunggah video melalui situs jejaring sosial ?
2.      Apa yang membuat mereka lebih memilih jejaring sosial ataupun lewat internet  untuk dikenal orang lain ?

C.Tujuan Penulisan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui alasan mereka lebih memilih jejaring sosial untuk mengunggah video tersebut.





II. PEMBAHASAAN
Menjadi terkenal tanpa mengeluarkan biaya yang banyak dan tanpa membutuhkan waktu yang lama menjadi keinginan sebagian orang, maka banyak sebagian orang yang menunjukan bakatnya lewat jejaring sosial.
1.      Justin Bieber.
Pada usia 12 tahun, Justin mengikuti kontes menyanyi di kotanya, Stratford, dan memenangkan juara kedua. Sejak itu dia mulai mendokumentasikan penampilannya dan mengunggahnya di Youtube, untuk teman-teman yang tak sempat melihatnya tampil. Pada beberapa videonya, Justin menyanyikan lagu-lagu beberapa penyanyi ternama seperti Usher, Justin Timberlake, Ne-Yo, Chris Brown, dan Stevie Wonder dengan versinya sendiri.
Beruntung, Scooter Braun, eksekutif marketing So So Def yang tanpa sengaja menyaksikan penampilannya di Youtube tertarik pada bakat musikalitasnya. Braun segera mengontak Bieber dan menerbangkannya ke Atlanta, Georgia untuk bertemu Usher. Tak lama, Usher setuju mengorbitkannya melalui label rekaman Island Record pada Oktober 2008. Untuk memantapkan karier musiknya Bieber dan ibunya pindah ke Atlanta.
"Baby", single utama dari album keduanya yang muncul, yang mana dinyanyikan berduet dengan rapper Ludacris, dirilis pada bulan Januari 2010 dan menjadi single hit terbesarnya sejauh ini, mendapat chart ranting lima di US, dan mencapai sepuluh besar di tujuh Negara lainnya. Single digital keduanya, "Never Let You Go", dan "U Smile" merupakan hit tiga puluh besar pada US Hot 100, dan duapuluh besar di Kanada. Itu muncul yang pertama di US Billboard 200, membuat Bieber, artis penyanyi solo termuda untuk mencapai chart teratas sejak Stevie Wonder in 1963.
2.      Shinta-Jojo Keong Racun.

Mereka tiba-tiba mencuat di jagat industri hiburan berkat video lipsync Keong Racun yang diunggahnya ke situs You Tube pada akhir Juni lalu. Berkat Internet, popularitas dua mojang Bandung ini meroket hingga menjadi bahan perbincangan pokok di situs Twitter dan muncul di laman media asing. Modalnya adalah bakat, narsistis, serta kreatif menampilkan tontonan unik di depan kamera komputer jinjingnya (webcam) dan mengunggahnya ke dunia maya.

Yup, Internet-lah yang mendongkrak nasib mereka. Sinta dan Jojo juga dinaungi keberuntungan. Walhasil, kini mereka didapuk menjadi model iklan dan model video klip Keong Racun.Popularitas yang datang tiba-tiba itu memang tidak disangka oleh kedua gadis yang berstatus mahasiswi ini. ”Kami awalnya iseng aja buat video (Keong Racun), tidak menyangka kalau direspons orang, semuanya terjadi tiba-tiba,” kata Jojo di sela-sela syuting klip Keong Racun di Studio Sparc, Cijantung, Jakarta Timur, awal pekan ini.



3.      Udin Sedunia.
Video lucu kembali muncul di Youtube, dan mengangkat sang kreator hingga menjadi artis "dadakan". Adalah Soaluddin yang lebih dikenal dengan nama Udin Sedunia. Pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu tiba-tiba populer karena lagu lucunya "Udin Sedunia". Udin Sedunia pun berani hijrah ke Jakarta untuk menjajaki nasib di dunia hiburan yang memang menjadi cita-citanya.
4.      Gamaliel-Audrey Tapiheru
Gara-gara YouTube, Nasib serupa segera dialami kakak beradik Gamaliel Tapiheru, 19, dan Audrey Tapiheru, 17. Bedanya, klan Tapiheru itu tak hanya mengandalkan gaya lipsync. Mereka punya suara emas yang sanggup membius penonton Harmoni SCTV di Balai Sarbini Agustus lalu. Kemampuan vokal itu pula yang membuat mereka kini mengantongi sebuah kontrak rekaman.Semuanya berawal dari Gamal yang ketika masih duduk di kelas 2 SMA Dian Harapan iseng mengunggah video. Dia menyanyikan sendiri lagu Save Me from Myself milik Christina Aguilera. ''Saya sering nonton YouTube. Biasalah anak sekolah, suka iseng lihat-lihat video. Banyak cover yang bagus dari orang Amerika, juga Filipina. Terus saya jadi terinspirasi untuk buat cover juga,'' jelasnya.
Kegemaran mereka menyanyi, merekam, lalu mengunggah rekaman itu ke situs berbagi video itu sudah diketahui sang mama. ''Kebiasaan Gamal sama Audrey suka rekaman di kamar, kami tahu. Waktu saya lihat dia lagi nyanyi di depan kamera sama adiknya, saya tanya mau dibuat apa. Dia jawab mau di-upload ke YouTube,'' jelas perempuan yang memiliki beberapa album rekaman itu. Hanya, orang tuanya tidak mengira kalau akan seperti ini kejadiannya. Dua anaknya itu akan menjadi penyanyi sungguhan dan segera mengeluarkan single di bawah major label dalam waktu dekat.
5.      Briptu Norman
Terkini yang sedang heboh adalah video unggahan di youtube yang dilakukan seorang polisi di Gorontalo. Aksi lipsing lagu India, "Chaiyya-Chaiyya", yang diperankan Brigadir Polisi Satu Norman Kamaru, anggota Brigade Mobil Kepolisian Daerah Gorontalo, populer di dunia maya. Ratusan ribu pengunjung situs itu memberikan apresiasi atas aksi Norman. Mereka mengaku terhibur. Nama Norman kian diperbicangkan masyarakat, khususnya di dunia maya, menyusul sikap Polda Gorontalo yang mempersoalkan aksi anggotanya itu. Dengan alasan tidak etis dan melanggar kode etik Polri, Polda Gorontalo menyatakan akan memberi sanksi kepada sang artis youtube, Norman.
Sikap itu justru makin melambungkan nama Norman di masyarakat. Dunia maya sangat menyayangkan sikap Polri tersebut. Mereka menilai tidak ada yang salah dalam aksi Norman. Menurut mereka, aksi lipsing India itu sebagai hak asasi seorang Norman yang sangat mengagumi dunia Bollywood. Di sisi lain, sikap Polri itu justru semakin orang yang belum mengetahui aksi Norman, penasaran untuk mengunjunginya di youtube. Alhasil jumlah kunjungan ke unggahan video berjudul "Polisi Gorontalo Menggila" semakin meningkat. Hingga berita ini ditulis, pengunjung video pertama Norman sudah mencapai 512.713 pengunjung.
6.      Bona Paputungan.
Mungkin nama Bona Paputungan sebelumnya tidak pernah menjadi pemberitaan di media massa, sebelum lagu yang diciptakannya berjudul Andai Aku Gayus Tambunan kini sangat dicari melalui situs internet. Atas kejadian yang pernah menimpa dirinya, yaitu mendekam didalam penjara semenjak 11 Maret 2010 hingga 7 Oktober 2010 karena terkena kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), akhirnya Bona Paputungan mencipatakan lagu yang kemudian lagu tersebut banyak disukai oleh para pengguna internet di Indonesia, dan saat ini sudah hadir dalam bentuk video dan format MP3 diberbagai situs komunitas.
Inti dari lagu tersebut sebenarnya berisi tentang cerita Bona Paputungan ketika mendekam didalam teralis besi. Dia menyindir perlakuan istimewa yang diterima terdakwa mafia pajak, Gayus Tambunan, ketika menjalani masa tahanan. Gayus bisa dengan mudah plesiran ke Bali, bahkan sampai ke luar negeri. Sementara untuk napi lain yang terjerat kasus jauh lebih ringan dan bukan dari kalangan pejabat atau konglomerat, 'hidup nyaman' di penjara adalah hal yang mustahil.

Setelah keluar dari penjara itulah, dia kemudian membuat video klip unik ini. Lagu ciptaannya itu juga tengah hangat dibahas lewat situs-situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Para pengguna akun jejaring pertemanan ini ramai-ramai menge-share lagu "Andai Aku Gayus Tambunan".














III. PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari pembahasan pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa mereka mengunggah video melalui jejaring sosial untuk keisengan yang berbuah kepopuleran. Mereka tak menyangka bias menjadi seorang artis.
Untuk menjadi terkenal di jejaring sosial memang cukup menjanjikan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa faktor hoki juga sangat berperan, Satu hal yang patut dicatat adalah pesan yang hendak disampaikan dalam video di yotube haruslah tepat, jelas dan memiliki unsur pembeda, misalnya kocak, iseng, jahil hingga skill profesional dan tampang yang   mendukung. Tak mudah, bagi para pemilik talent yang biasa saja untuk menjadi terkenal, mengingat Media Massa yang bertugas sebagai blow up akan berpikir dua kali bila memuat berita dengan magnitude yang lemah.
Lima cara menggunakan youTube yang dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan impian, Anda juga dapat menambahkan tips lainnya dengan memberikan komentar di bawah artikel ini.
1. Promosikan Diri Anda
Tom Ferry adalah sebagian orang yang terkenal dari YouTube. Ia adalah seorang pengusaha real estat dan penulis buku Life! By Design. Kepopulerannya di YouTube didapatkan karena kenekatannya memberikan pelatihan cara menjual real estate, lewat cara mempromosikan dirinya lewat YouTube itulah ia sekarang menjadi konsultan terkernal di dunia.
2. Posting dan Berdoalah
Banyak orang yang populer dari YouTube karena melakukan hal ini, mereka awalnya hanya iseng memposting video bakatnya ke YouTube, kemudian ada banyak orang yang menonton, akhirnya menjadi perbincangan dari mulut ke mulut dan berubah kehidupan mereka. Dari contoh kasus posting dan berdoalah, telah CHIP.co.id jelaskan di awal pembicaraan artikel ketika mengambil kasus Justin Beiber idola sejuta umat saat ini.
3. Membangun Aplikasi
Stanford Feross Aboukhadijeh membuat fitur instan sistem pencarian video YouTube. Tak hanya membuat aplikasinya saja, ia juga mempromosikan fitur instan tersebut di YouTUbe. Karena produk yang ditawarkan Stanford sangat unik, akhirnya CEO YouTube, Chad Hurley memperkejakannya menjadi karyawan. Apabila Anda ingin mengikuti kisah sukses Stanford, mungkin Anda bisa membuat program, coding, hasil gambar, atau apapun yang dapat meningkatkan kinerja beberapa situs besar yang sudah ada, siapa tahu CEO-CEO besar yang ada di luar sana tertarik mengajak Anda bekerja sama dengan mereka?

4. Kreatif
Seorang sarjana berusia 23 tahun, Brian Freedman membangun sebuah portofolio untuk melamar di sebuah situs keuangan, iGrad. Tak lama setelah Brian memposting sembilan video fortofolio keuangannya, akhirnya iGrad memperkejakannya menjadi karyawan.

5. Mengikuti Kuis Online
Semakin populernya YouTube, takhayal saat ini banyak yang memanfaatkannya untuk membuat kuis-kuis dengan cara memposting video di YouTube. Salah satu kuis yang paling fenomenal hingga saat ini adalah pencarian dancer untuk dikontrak Ultra Records music video.
Apa yang dilakukan Justin Beiber sehingga membuat kehidupan biasanya berubah 180 derajat menjadi seorang pop singer remaja terpopuler saat ini? Anda benar, dahulu kala sebelum dia menjadi seperti saat ini, dia gemar sekali memposting video bernyanyinya ke YouTube. Jadi secara tak langsung remaja tersebut telah mempromosikan diri dan pada akhirnya ada orang yang bersimpatik pada Justin, lalu mempopulerkan dirinya dengan membuat album yang laris manis di pasar.
Dari realita yang telah dipaparkan di atas, YouTube sebagai situs video portal tak hanya sekedar menjadi media yang layak untuk dinikmati dan diunduh saja, tetapi ia telah memberikan dampak dari sedikit kreativitas, kejujuran dan kerja keras yang Anda utarakan di dalam sebuah video yang diposting ke YouTube mampu menciptakan citra profesional untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda butuhkan.

B.     SARAN         
Untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan diusahakan jangan dengan cara yang instant, tetapi capailah dengan usaha yang maksimal sesuai dengan kemampuan kita. Karena












DAFTAR PUSTAKA




0 komentar:

Posting Komentar