MAKALAH
“MENDADAK
POPULER LEWAT JEJARING SOSIAL”
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Jejaring social
merupakan struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau
organisasi. Jejaring ini menunjukkan jalan dimana mereka berhubungan karena
kesamaan sosialitas mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga. Istilah ini dikenalkan oleh Prof.J.A Barner di tahuh 1954.
Salah satu
jejaring yang sedang marak saat ini adalah facebook dan youtube. Facebook
adalah situs sosial networking yang menghubungkan orang satu dengan orang yang
lain. Dapat saling berkirim pesan, video,gambar hingga mengetahui aktifitas
orang lain. Sedangkan youtube merupakan
situs web video sharing (berbagi video). Para pengguna dapat memuat, menonton,
dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video tersebut adalah klip musik, serta
video buatan para penggunanya sendiri.
Dari
jejaring sosial tersebut
banyak orang yang saling manggunakan bahkan memanfaatkannya untuk kehidupan. Sebut saja Justin
Bieber, Shinta-Jojo Keong racun, Udin Sedunia, Gamaliel-Audrey Tapiheru, Bripto
Norman, dan Bona Paputungan. Mereka
semua mendadak populer berkat situs jejaring sosial.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas dapat
diambil permasalahan :
1.
Apakah
tujuan mereka mengunggah video melalui situs jejaring sosial ?
2.
Apa
yang membuat mereka lebih memilih jejaring sosial ataupun lewat internet untuk dikenal orang lain ?
C.Tujuan
Penulisan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui alasan mereka
lebih memilih jejaring sosial untuk mengunggah video tersebut.
II. PEMBAHASAAN
Menjadi terkenal tanpa mengeluarkan biaya yang
banyak dan tanpa membutuhkan waktu yang lama menjadi keinginan sebagian orang,
maka banyak sebagian orang yang menunjukan bakatnya lewat jejaring sosial.
1.
Justin
Bieber.
Pada
usia 12 tahun, Justin mengikuti kontes menyanyi di kotanya, Stratford, dan
memenangkan juara kedua. Sejak itu dia mulai mendokumentasikan penampilannya
dan mengunggahnya di Youtube, untuk teman-teman yang tak sempat melihatnya
tampil. Pada beberapa videonya, Justin menyanyikan lagu-lagu beberapa penyanyi
ternama seperti Usher, Justin Timberlake, Ne-Yo, Chris Brown, dan Stevie Wonder
dengan versinya sendiri.
Beruntung,
Scooter Braun, eksekutif marketing So So Def yang tanpa sengaja menyaksikan
penampilannya di Youtube tertarik pada bakat musikalitasnya. Braun segera
mengontak Bieber dan menerbangkannya ke Atlanta, Georgia untuk bertemu Usher.
Tak lama, Usher setuju mengorbitkannya melalui label rekaman Island Record pada
Oktober 2008. Untuk memantapkan karier musiknya Bieber dan ibunya pindah ke
Atlanta.
"Baby", single utama dari album
keduanya yang muncul, yang mana
dinyanyikan berduet dengan rapper Ludacris, dirilis pada bulan Januari 2010 dan menjadi single hit terbesarnya sejauh ini,
mendapat chart ranting lima di US, dan mencapai sepuluh besar di tujuh Negara lainnya.
Single digital keduanya, "Never Let You Go", dan "U Smile" merupakan hit tiga puluh besar pada US Hot 100, dan
duapuluh besar di Kanada. Itu muncul yang pertama di US Billboard 200, membuat Bieber, artis penyanyi solo termuda untuk
mencapai chart teratas sejak Stevie Wonder in 1963.
2. Shinta-Jojo Keong Racun.
Mereka tiba-tiba mencuat di jagat industri hiburan berkat video lipsync
Keong Racun yang diunggahnya ke situs You Tube pada akhir Juni lalu. Berkat
Internet, popularitas dua mojang Bandung ini meroket hingga menjadi bahan
perbincangan pokok di situs Twitter dan muncul di laman media asing. Modalnya
adalah bakat, narsistis, serta kreatif menampilkan tontonan unik di depan
kamera komputer jinjingnya (webcam) dan mengunggahnya ke dunia maya.
Yup, Internet-lah yang mendongkrak nasib mereka. Sinta dan Jojo juga
dinaungi keberuntungan. Walhasil, kini mereka didapuk menjadi model iklan dan
model video klip Keong Racun.Popularitas yang datang tiba-tiba itu memang tidak
disangka oleh kedua gadis yang berstatus mahasiswi ini. ”Kami awalnya iseng aja
buat video (Keong Racun), tidak menyangka kalau direspons orang, semuanya
terjadi tiba-tiba,” kata Jojo di sela-sela syuting klip Keong Racun di Studio
Sparc, Cijantung, Jakarta Timur, awal pekan ini.
3. Udin Sedunia.
Video lucu kembali muncul di Youtube, dan
mengangkat sang kreator hingga menjadi artis "dadakan". Adalah
Soaluddin yang lebih dikenal dengan nama Udin Sedunia. Pria asal Lombok, Nusa
Tenggara Barat, itu tiba-tiba populer karena lagu lucunya "Udin
Sedunia". Udin Sedunia pun berani hijrah ke Jakarta untuk menjajaki nasib
di dunia hiburan yang memang menjadi cita-citanya.
4. Gamaliel-Audrey Tapiheru
Gara-gara
YouTube, Nasib serupa segera dialami kakak beradik Gamaliel Tapiheru, 19, dan
Audrey Tapiheru, 17. Bedanya, klan Tapiheru itu tak hanya mengandalkan gaya lipsync. Mereka
punya suara emas yang sanggup membius penonton Harmoni SCTV di Balai Sarbini
Agustus lalu. Kemampuan vokal itu pula yang membuat mereka kini mengantongi
sebuah kontrak rekaman.Semuanya berawal dari Gamal yang ketika masih duduk di
kelas 2 SMA Dian Harapan iseng mengunggah video. Dia menyanyikan sendiri lagu
Save Me from Myself milik Christina Aguilera. ''Saya sering nonton YouTube.
Biasalah anak sekolah, suka iseng lihat-lihat video. Banyak cover yang bagus
dari orang Amerika, juga Filipina. Terus saya jadi terinspirasi untuk buat
cover juga,'' jelasnya.
Kegemaran
mereka menyanyi, merekam, lalu mengunggah rekaman itu ke situs berbagi video
itu sudah diketahui sang mama. ''Kebiasaan Gamal sama Audrey suka rekaman di
kamar, kami tahu. Waktu saya lihat dia lagi nyanyi di depan kamera sama
adiknya, saya tanya mau dibuat apa. Dia jawab mau di-upload ke YouTube,'' jelas
perempuan yang memiliki beberapa album rekaman itu. Hanya, orang tuanya tidak
mengira kalau akan seperti ini kejadiannya. Dua anaknya itu akan menjadi
penyanyi sungguhan dan segera mengeluarkan single di bawah major label dalam
waktu dekat.
5. Briptu Norman
Terkini yang sedang heboh adalah video unggahan di youtube yang
dilakukan seorang polisi di Gorontalo. Aksi lipsing lagu India,
"Chaiyya-Chaiyya", yang diperankan Brigadir Polisi Satu Norman
Kamaru, anggota Brigade Mobil Kepolisian Daerah Gorontalo, populer di dunia
maya. Ratusan ribu pengunjung situs itu memberikan apresiasi atas aksi Norman.
Mereka mengaku terhibur. Nama Norman kian
diperbicangkan masyarakat, khususnya di dunia maya, menyusul sikap Polda
Gorontalo yang mempersoalkan aksi anggotanya itu. Dengan alasan tidak etis dan
melanggar kode etik Polri, Polda Gorontalo menyatakan akan memberi sanksi
kepada sang artis youtube,
Norman.
Sikap itu justru makin melambungkan nama Norman di
masyarakat. Dunia maya sangat menyayangkan sikap Polri tersebut. Mereka menilai
tidak ada yang salah dalam aksi Norman. Menurut mereka, aksi lipsing India itu
sebagai hak asasi seorang Norman yang sangat mengagumi dunia Bollywood. Di sisi lain, sikap Polri itu justru semakin orang yang
belum mengetahui aksi Norman, penasaran untuk mengunjunginya di youtube.
Alhasil jumlah kunjungan ke unggahan video berjudul "Polisi Gorontalo
Menggila" semakin meningkat. Hingga berita ini ditulis, pengunjung video
pertama Norman sudah mencapai 512.713 pengunjung.
6. Bona Paputungan.
Mungkin
nama Bona
Paputungan sebelumnya tidak pernah menjadi pemberitaan di media
massa, sebelum lagu yang diciptakannya berjudul Andai Aku Gayus Tambunan kini sangat dicari melalui situs
internet. Atas kejadian yang pernah menimpa dirinya, yaitu mendekam didalam
penjara semenjak 11 Maret 2010 hingga 7 Oktober 2010 karena terkena kasus
kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), akhirnya Bona Paputungan mencipatakan lagu
yang kemudian lagu tersebut banyak disukai oleh para pengguna internet di
Indonesia, dan saat ini sudah hadir dalam bentuk video dan format MP3
diberbagai situs komunitas.
Inti
dari lagu tersebut sebenarnya berisi tentang cerita Bona Paputungan ketika
mendekam didalam teralis besi. Dia menyindir perlakuan istimewa yang diterima
terdakwa mafia pajak, Gayus Tambunan, ketika menjalani masa tahanan. Gayus bisa
dengan mudah plesiran ke Bali, bahkan sampai ke luar negeri. Sementara untuk napi
lain yang terjerat kasus jauh lebih ringan dan bukan dari kalangan pejabat atau
konglomerat, 'hidup nyaman' di penjara adalah hal yang mustahil.
Setelah keluar dari penjara itulah, dia kemudian membuat video klip unik ini. Lagu ciptaannya itu juga tengah hangat dibahas lewat situs-situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Para pengguna akun jejaring pertemanan ini ramai-ramai menge-share lagu "Andai Aku Gayus Tambunan".
Setelah keluar dari penjara itulah, dia kemudian membuat video klip unik ini. Lagu ciptaannya itu juga tengah hangat dibahas lewat situs-situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Para pengguna akun jejaring pertemanan ini ramai-ramai menge-share lagu "Andai Aku Gayus Tambunan".
III. PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dari pembahasan pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa mereka
mengunggah video melalui jejaring sosial untuk keisengan yang berbuah
kepopuleran. Mereka tak menyangka bias menjadi seorang artis.
Untuk menjadi terkenal di jejaring sosial memang
cukup menjanjikan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa faktor hoki juga sangat berperan, Satu hal yang patut
dicatat adalah pesan yang hendak disampaikan dalam video di yotube haruslah tepat,
jelas dan memiliki unsur pembeda, misalnya kocak, iseng, jahil hingga skill
profesional dan tampang yang mendukung. Tak mudah, bagi para
pemilik talent yang biasa saja untuk menjadi terkenal, mengingat Media Massa
yang bertugas sebagai blow up akan berpikir dua kali bila memuat berita dengan
magnitude yang lemah.
Lima cara menggunakan youTube yang dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan impian, Anda
juga dapat menambahkan tips lainnya dengan memberikan komentar di bawah artikel
ini.
1. Promosikan Diri AndaTom Ferry adalah sebagian orang yang terkenal dari YouTube. Ia adalah seorang pengusaha real estat dan penulis buku Life! By Design. Kepopulerannya di YouTube didapatkan karena kenekatannya memberikan pelatihan cara menjual real estate, lewat cara mempromosikan dirinya lewat YouTube itulah ia sekarang menjadi konsultan terkernal di dunia.
2. Posting dan Berdoalah
Banyak orang yang populer dari YouTube karena melakukan hal ini, mereka awalnya hanya iseng memposting video bakatnya ke YouTube, kemudian ada banyak orang yang menonton, akhirnya menjadi perbincangan dari mulut ke mulut dan berubah kehidupan mereka. Dari contoh kasus posting dan berdoalah, telah CHIP.co.id jelaskan di awal pembicaraan artikel ketika mengambil kasus Justin Beiber idola sejuta umat saat ini.
3. Membangun Aplikasi
Stanford Feross Aboukhadijeh membuat fitur instan sistem pencarian video YouTube. Tak hanya membuat aplikasinya saja, ia juga mempromosikan fitur instan tersebut di YouTUbe. Karena produk yang ditawarkan Stanford sangat unik, akhirnya CEO YouTube, Chad Hurley memperkejakannya menjadi karyawan. Apabila Anda ingin mengikuti kisah sukses Stanford, mungkin Anda bisa membuat program, coding, hasil gambar, atau apapun yang dapat meningkatkan kinerja beberapa situs besar yang sudah ada, siapa tahu CEO-CEO besar yang ada di luar sana tertarik mengajak Anda bekerja sama dengan mereka?
4. Kreatif
Seorang sarjana berusia 23 tahun, Brian Freedman membangun sebuah portofolio untuk melamar di sebuah situs keuangan, iGrad. Tak lama setelah Brian memposting sembilan video fortofolio keuangannya, akhirnya iGrad memperkejakannya menjadi karyawan.
5. Mengikuti Kuis Online
Semakin populernya YouTube, takhayal saat ini banyak yang memanfaatkannya untuk membuat kuis-kuis dengan cara memposting video di YouTube. Salah satu kuis yang paling fenomenal hingga saat ini adalah pencarian dancer untuk dikontrak Ultra Records music video.
Apa yang dilakukan Justin Beiber
sehingga membuat kehidupan biasanya berubah 180 derajat menjadi seorang pop
singer remaja terpopuler saat ini? Anda benar, dahulu kala sebelum dia menjadi
seperti saat ini, dia gemar sekali memposting video bernyanyinya ke YouTube.
Jadi secara tak langsung remaja tersebut telah mempromosikan diri dan pada
akhirnya ada orang yang bersimpatik pada Justin, lalu mempopulerkan dirinya
dengan membuat album yang laris manis di pasar.
Dari realita yang
telah dipaparkan di atas, YouTube sebagai situs video portal tak hanya sekedar
menjadi media yang layak untuk dinikmati dan diunduh saja, tetapi ia telah
memberikan dampak dari sedikit kreativitas, kejujuran dan kerja keras yang Anda
utarakan di dalam sebuah video yang diposting ke YouTube mampu menciptakan
citra profesional untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda butuhkan.
B.
SARAN
Untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan diusahakan
jangan dengan cara yang instant, tetapi capailah dengan usaha yang maksimal
sesuai dengan kemampuan kita. Karena
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar